Situs Penyedia Gambar Bebas Lisensi



“Dimana saya bisa mendapatkan image untuk blog?”
Itu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan kepada saya. Akhirnya saya putuskan untuk menuliskannya kali ini.
Sama seperti kebanyakan orang, pada awal-awal saya blogging, saya hanya mengandalkan Google untuk menemukan gambar saya cari, kemudian menyimpannya, dan menggunakannya untuk melengkapi postingan saya.

Tapi hal ini sebenarnya tidak saya sarankan, karena tidak semua gambar tersebut bisa bebas digunakan, karena memiliki hak cipta. Apalagi bagi Anda yang menjalankan program Adsense, salah-salah memilih, bisa dianggap melanggar hak cipta, sesuatu yang sangat diperhatikan oleh Google. Akibatnya, blog Anda bisa diblacklist oleh Adsense.
Image atau foto memang diperlukan untuk membuat artikel yang bagus. Lalu dimana kita bisa mendapatkan image yang kita perlukan untuk postingan di blog? Inilah 3 tempat yang saya rekomendasikan.
Salah satu tempat mendapatkan gambar berkualitas tinggi. Database-nya pun sangat banyak, kita bisa leluasa memilih gambar yang diinginkan.
Jujur saya sendiri hanya ketika ‘terpaksa’ saja mencari gambar di sini, karena memang tidak gratis. Untuk satu buah image, kita harus mengeluarkan $1. Namun, menurut saya itu sebuah angka yang wajar, mengingat kualitas yang ditawarkan.

Kebetulan saya adalah seorang desainer grafis, sehingga seringkali saya membutuhkan banyak image untuk berbagai kebutuhan desain. Dan iStockphoto adalah tempat favorit saya.
Karena tidak gratis, mungkin sebaiknya Anda hanya menggunakan iStockphoto untuk mendapatkan gambar yang benar-benar unik, berkualitas tinggi, seperti misalnya untuk cover ebook. Namun tentu, semua terserah Anda.
2. Stock.Xchng
Saya memang suka sama iStockPhoto, tapi saya lebih suka lagi untuk menghemat uang, hehehe… Sebelum saya ‘terpaksa’ menuju iStockPhoto, saya biasanya mencari-cari dulu image gratisan, mungkin saja ada yang cocok untuk kebutuhan saya, dan Stock.Xchng adalah tempat terfavorit saya.
Memang database situs ini kalah jauh jika dibandingkan iStockPhoto, tapi kualitas gambarnya terbilang bagus untuk ukuran gambar gratisan. Jadi saya sangat menyarankan untuk mencari gambar yang Anda butuhkan di sini untuk keperluan blog Anda.
Asyiknya lagi, Anda bahkan tidak perlu repot-repot untuk melakukan registrasi, tinggal cari image yang diinginkan, setelah ketemu, tinggal klik kanan, terus save as. Selesai. Praktis.
3. EveryStockPhoto
Ini adalah semacam mesin pencari khusus image gratisan dari berbagai tempat (termasuk EStock.Xchng, Flickr, Wikipedia, Morguefile dan lainnya).

Biasanya kualitasnya kurang begitu bagus, tapi akan berguna ketika Anda mencari gambar yang sangat spesifik, karena fungsi pencariannya cukup bagus.
Nah, itulah 3 sumber image yang selama ini saya pakai untuk berbagai keperluan, termasuk untuk kebutuhan blogging.



Situs Penyedia Gambar Bebas Lisensi Situs Penyedia Gambar Bebas Lisensi Reviewed by Dramaqi on 8:10:00 AM Rating: 5